Memilih kost yang aman , nyaman , tidak borosan

Saturday, June 26, 2010 ·


Saat ini adalah masa-masa setelah kelulusan SMA, banyak sekali anak-anak SMA yang sudah lulus berbondong-bondong ke kota untuk mencari ilmu tingkat lanjut yaitu kuliah. Namun lebih tepatnya, masa ini adalah masa mereka untuk mengikuti bimbingan belajar sebelum tes SNMPTN nanti. Biasanya mereka menetap di kost, rumah saudara, atau menyewa rumah selama satu tahun sekaligus.
Disini akan saya bahas cara mencari kost yang baik dari segi harga, kualitas, dan sosialnya. 

Memilih kost yang baik sebenarnya relatif juga tingkat kesulitanya. Dari uraian diatas bisa ditarik kesimpulan kalau mau mencari kost, setidaknya jangan terlalu mepet. Carilah kost jauh-jauh hari sebelumnya, misalnya
sebulan sebelumnya. Karena pada saat penerimaan mahasiswa baru nanti, harga kost biasanya naik seiring banyaknya yang mencari kos-kosan.

Apa sih definisi kost yang baik itu?

Kalau menurut saya kost yang baik itu (bisa berbeda setiap orang):
  • Nyaman ditempati.
  • Dekat dengan kampus.
  • Tempat nyuci dan tempat menjemur pakaian ada.
  • Listrik tidak mati-mati bila menyalakan berapapun alat elektronik.
  • Bisa membawa kunci kost, jadi bisa pulang jam berapa saja.
  • Daerah aman.
  • Penting: Anak-anak kost lain yang sependapat dengan kita.
Untuk poin nyaman ditempati, saya kira kata “nyaman” juga relatif pengertiannya. Kost yang nyaman itu berbeda pengertiannya dari saya dan teman-teman. Kalau saya, kost yang nyaman itu pokokknya bisa menyalakan komputer, internetan bebas, dan bisa tidur kapan saja. Tidak perlu kamar yang bagus, serba mewah, dan lain-lain. :p
Kondisi kamar kost 36b
Untuk poin yang lain saya kira bisa dipahami sendiri. Saya akan mencoba menyoroti poin terakhir. Maksudnya anak-anak kost lain, sependapat dengan kita itu begini. Apabila kita ngekost di tempat yang mungkin anak kostnya tidak cocok dengan kita, pasti timbul rasa tidak nyaman kan? Misalnya saya ini suka GG Inter, kalo anak-anak yang lain suka A Mild sih tidak apa-apa. Tapi kalau mereka merasa terganggu dengan asap putih yang terbang melayang-layang kan juga membuat kita tidak enak saat mau menyalakan GG Inter di kos-kosan. Jadi melihat-lihat sifat dan sikap calon teman kost itu juga penting. Namun kalau kost hanya sebentar, misalnya satu dan dua hari, hal ini bisa diabaikan.

Jadi poin penting dalam mencari kost yang baik dan murah adalah:

  1. Carilah kost jauh-jauh hari sebelum musim penerimaan mahasiswa baru. Kasih DP alias uang muka kepada ibu kost, agar mereka mau mematok kamar kost tersebut untuk Anda. Insya Allah harganya lebih murah kok kalau jauh hari sebelumnya.
  2. Kost dekat kampus biasanya lebih mahal. Apabila ingin yang lebih murah, carilah yang agak jauh dari kampus. Bagi yang berencana membawa sepeda motor, sekalian mencari kost yang jauh juga boleh.
  3. Periksalah semua fasilitas kost yang ada. Misalnya listrik, air, kondisi kamar, kamar mandi, tempat mencuci, jemuran, dan lain-lain. Tanyakan juga kepada ibu kost tentang kondisi kost sewaktu hujan. Soalnya di daerah UNAIR sering terjadi banjir.
  4. Tanyakan dahulu kepada orang-orang sekitar atau senior tentang harga kost yang murah itu dimana. (sangat membantu).
Semoga artikel ndak penting ini bermanfaat bagi calon mahasiswa baru UNAIR [khususnya] dan para pencari kost seluruh Indonesia Raya [umumnya].

4 comments:

Seven Souls said...
February 12, 2011 at 5:47 AM  

Hi Mo sharing info nih, klik iklan langsung dapat uang, seru kan, buruan daftar :

http://trusted-best-paid-ptc.blogspot.com

Keep clicking, keep earning :) C U

PS : Bloh kamu keren, rapi :)

Cintya said...
July 19, 2011 at 2:21 AM  

Kesempatan dapat uang terbaik di internet, hitung-hitung untuk tambahan biaya kuliah.
jangan sia-siakan kesempatan ini !
http://www.penasaran.net/?ref=hdxfky

Cintya said...
July 19, 2011 at 2:23 AM  

Kesempatan dapat uang terbaik di internet, hitung-hitung untuk tambahan biaya kuliah.
jangan sia-siakan kesempatan ini !
KLIK DISINI

Anonymous said...
July 21, 2011 at 9:22 AM  

Dapatkan uang yang banyak dari website Anda, 100% profit milik Anda sendiri
buruan join http://www.penasaran.net/?ref=​8za66b

Kami Membutuhkan Bantuan Anda ! Kami membuka kesempatan bagi 200 orang di seluruh Indonesia yang berminat untuk mendapatkan gaji Rp. 3.000.000 hingga Rp. 15.000.000 per minggu dengan bekerja paruh waktu dari rumah saja.

Archives