cara mudah membuat daftar isi di MS word 2077

Monday, December 26, 2011 ·

Langkah persiapan yang harus dilakukan di sini ialah melakukan setting pada heading style yang akan digunakan beserta memberikan penomoran pada halaman dokumen.
1. Atur Heading Style pada Dokumen
Heading style merupakan suatu fitur yang terdapat pada Microsoft Word yang dapat digunakan sebagai template untuk judul atau subjudul berdasarkan tingkatan atau levelsubjudul tersebut. Fitur heading style berada di bagian Home.


Klik kanan pada Heading 1 -> Modify…


Pada window Modify Style yang muncul, lakukan pengaturan model header yang Anda inginkan. Yang paling penting adalah lakukan pengaturan numbering untuk header tersebut dengan cara klik tombol Format -> Numbering…



Pada window Numbering and Bullets yang muncul, pilih model numbering yang Anda inginkan. Misalnya untuk header level 1 ini kita akan menggunakan penomoran dengan huruf kapital.



Ulangi kembali langkah-langkah mengatur heading style ini pada Heading 2 dan Heading 3 untuk template header level 2 dan header level 3. Berikan penomoran yang berbeda dengan header level 1, misalnya penomoran dengan angka untuk header level 2 dan penomoran menggunakan huruf kecil untuk header level 3. Setelah selesai, heading styleakan tampak seperti gambar berikut:



2. Berikan Nomor Halaman
Untuk membuat daftar isi tentu saja dibutuhkan nomor halaman sebagai petunjuk di halaman berapa suatu judul atau subjudul berada. Untuk memberikan nomor halaman dokumen pada Ms. Word, klik tab Insert, lalu pada bagian Header & Footer klik Page Number. Pada menu drop down yang muncul pilih posisi dimana nomor halaman akan diletakkan. Misalnya pilih Bottom of Page -> Plain Number 3 untuk meletakkan penomoran halaman di pojok kanan bawah halaman.



3. Mulai Mengisi Dokumen
Setelah pengaturan heading style dan pemberian nomor halaman selesai dilakukan, Anda dapat mulai mengisi dokumen Anda tersebut. Jangan lupa kosongkan satu halaman khusus untuk meletakkan daftar isi yang akan di-generate nanti. Hal yang harus selalu diperhatikan pada saat mengisi dokumen tersebut ialah gunakan heading style yang telah dimodifikasi sebelumnya saat menuliskan header atau judul maupun subjudul pada setiap pembahasan.



B. PEMBUATAN DAFTAR ISI
Saat dokumen Anda sudah selesai diisi, baik keseluruhan atau hanya sebagian, Anda dapat mulai membuat daftar isi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Letakkan pointer pada halaman kosong yang telah disediakan sebelumnya khusus untuk daftar isi.
  2. Klik tab References -> Table of Contents -> Insert Table of Contents…
  3. Pada window Table of Contents yang muncul, pastikan checkbox Show page numbers dan Right align page number dalam keadaan tercentang dan pilih bentuk pemisah antara nama header dengan nomor halamannya pada combobox Tableader yang Anda inginkan.
  4. Pastikan pula checkbox Use hyperlinks instead of page numbers dalam keadaan tercentang. Pilihan ini untuk mengaktifkan fungsi daftar isi sebagai link ke bagianheader yang diklik nantinya.
  5. Lalu pada bagian general, pilih FormatsFrom Template dan Show levels3.
  6. Klik tombol OK.

Secara otomatis akan muncul daftar isi yang berisikan nama-nama header pada dokumen Anda tersebut.
Jika terjadi perubahan pada dokumen Anda, maka untuk meng-update daftar isi, Anda hanya perlu melakukan klik kanan pada bagian daftar isi. Lalu pada menu pop up yang muncul pilih Update Field.

Selanjutnya pada window Update Table of Contents yang muncul, pilih radio button Update entire table dan klik tombol OK. Secara otomatis bagian daftar isi dokumen Anda akan berubah sesuai dengan bentuk dokumen Anda yang baru.




















0 comments:

Archives