SIKAP OPTIMIS DALAM ISLAM

Thursday, December 8, 2011 ·

sumber : www.cyberzom.info
HENDAKNYA KITA BERSABAR
Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat kecuali bagi orang – orang yang khusyuk’, (Yaitu) orang – orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Tuhannya dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS. al-Baqarah [2]: 45 – 46)
Sabar merupakan benteng pertahanan yang paling ampuh bagi umat muslim. Bersabar bagaikan benteng yang berdiri kokoh dan tidak dapat dirobohkan oleh musuh. Bersabar bukan berarti kita mengalah karena orang yang dapat bersabar itu adalah suatu anugrah, banyak manusia sekarang ini yang tergesa-gesa dan ceroboh , putus asa ditengah jalan dan terakhir mengakhiri hidupnya dengan minum racun. Cobaan dalam hidup tidak mungkin kita cegah, itu sudah menjadi kewajiban kita untuk bersabar bagi orang yang paham tentang arti hidup ini. Janganlah berburuk sangka jika kita mendapat nilai ujian yang jelek padahal kita telah bersungguh sungguh dalam belajar toh dibalik kesu;itan pasti ada kemudahan . so ! jangan mudah menyerah ya

 
PUTUS ASA MERUPAKAN GOLONGAN ORANG SESAT
Ibrahim berkata : “tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhan-nya, kecuali orang-orang yang sesat”. (QS. al-Hijr. 46)
Putus asa sering diumpamakan dengan kecewa yang sangat mendalam bagi seorang manusia , tapi apakah putus asa itu boleh dalam islam? Jawabnya adalah tidak , pasti kita akan bertanya mengapa tidak boleh Karena putus asa merupakan golongan orang yang sesat . putus asa hanya akan melemahkan diri kita sendiri membuat kita down dan akhirnya kita sakit . kita pasti sangat rugi sekali jika kita mengalami sakit tetapi pekerjan sekolah tau kerja kita menjadi terbengkalai.
BEBAN MEMBUAT KITA DEWASA , BANGKITLAH
Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa) : Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Beri ma’aflah kami ; ampunilah kami ; dan rahmatilah kami. Engkau penolong kami maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. (al-Baqarah 286)
Allah tidak akan memeberikan cobaan yang kita sendiri tidak bisa melaluinya, beban yang kita lalui masih dalam jangkauan kemampuankita maka jangan menganggap kita tidak bisa melalui cobaan ini.
ujian mengangkat derajatmu
Dan Dia lah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu Amat cepat siksaan-Nya dan Sesungguhnya Dia Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. (QS.al-An’aam; 125).
optimis pertolongan Allah akan dating
Jikalau anda tidaj menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Makkah) mengeluarkannya (dari makkah) sedang Dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu Dia berkata kepada temannya : “Janganlah anda berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. Maka allah menurunkan keteranganNya kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang anda tidak melihatnya, dan al-Quran menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At-Taubah; 40),/p>
bertawakallah
Katakanlah : Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah pelindung kami dan hanya kepada Allah, orang-orang yang beriman harus bertawakkal. (QS. At-Taubah; 51)

0 comments:

Archives