tugas matakuliah sistem operasi : paper linux dan windows (perbedaan dan persamaan linix- windows)

Saturday, May 12, 2012 ·


dalam bagian ini akan dibahas perbandingan antara windows dan linux dari sisi GUI, cost/biaya, instalation, application software, dan security.

GUI
Baik windows maupun linux  masing-masing mempunyai GUI dan Command line interface. GUI windows berubah pada versi 3.1 ke windows 95 secara drastis, kemudian tampilan nya berubah lagi ke windows 2000 hanya sedikit saja tampilannnya berbeda dengan windows 95. Selanjutnya perubahan yang GUI cukup besar terjadi pada versi windows XP, windows vista dan yang terakhir adalah windows 7. Pada windows 7 interface yang digunakan telah mendukung kualitas 3D walaupun akan menambah beban pada RAM dan juga memerlukan VGA yang cukup besar. Windows 7 dilengkapi dengan berbagai tema yang dapat dipilih secara bebas baik secara online maupun offline. Windows 7 juga mendukung berbagai software untuk mengubah tampilan interface.
Pada umumnya linux GUI terdiri dari KDE dan GNOME, pada versi linux terdahulu GUI hanya berupa command line, namun pada versi terbaru dari linux GUI pada sudah hampir menyerupai windows (mudah dan fleksibel) bahkan tampilan GUI lebih menarik. Ini dapat dilihat pada versi Linux Lindows, ini dibuat agar linux mempunyaui GUI yang menyerupai windows. Di Linux, Anda bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja Anda. Sebagai misal, pada komputer yang lambat Anda bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox. Atau jika Anda menyukai gaya Mac, Anda bisa memilih desktop model GNOME atau menggunakan utility Docker. Dan jika Anda terbiasa di Windows dan memiliki komputer yang cukup cepat, Anda bisa memilih desktop KDE. Dengan KDE, Anda masih bisa memilih untuk menggunakan gaya Windows XP ataupun Windows Vista. Pilihan dan variasinya sangat banyak di Linux,
tampilan antarmuka pada windows

Tampilan antarmuka pada linux

 Cost/biaya
Untuk penggunaan desktop maupun server, Linux lebih murah dibanding dengan Windows. Linux dapat dikatakan lebih murah karena setiap orang bebas untuk memperbanyak linux tanpa melanggar Hak Cipta. Walaupun pada windows dapat diperbanyak dengan jalan mengopi tetapi jika fasilitas update windows diaktifkan maka windows yang terpasang pada computer akan hilang licensinya. Windows Mulai memproteksi produknya mulai dari Windows XP, mereka menggunakan  perangkat lunak untuk memproteksi windows. Mulai dari Januari 2005, edisi upgrade Windows XP home Edition dijual $100, XP Professional $200. Full versi XP Home $200, Full versi XP Professional $300. Windows Server 2003 Standard Edition dengan 10 izin kerja Client adalah $1,100.
Contohnya jika Anda dapat membeli suatu buku Linux maka anda akan mendapat sistem operasi secara cuma-cuma. Anda dapat juga mengunduh Linux dari www.linuxiso.org tanpa harus membeli linux lagi. Anda hanya butuh koneksi internet yang cukup cepat untuk mengunduh 600 MB file dan sebuah CD kosong. Kedua opsi tersebut dapat anda pilih sendiri.

Security
Dilihat dari segi security sudah pasti linux lebih aman jika dibandingkan dengan
windows karena hampir tidak ada virus atau malware yang berkembang pada linux. Sedangkan pada windows banyak sekali virus yang berkembang didalamnya. Selain itu jika terdapat celah pada windows, kita harus menunggu pihak microsoft mengeluarkan upgrade terbarunya untuk menutup celah tersebut. Mengapa demikian? Karena kita tidak memperoleh izin untuk melihat atau bahkan mengubah source code dari windows.
Ini sangat berbeda dengan linux, sebagian orang yang expert dalam sistem operasi linux dapat menutup celah yang ada pada linux. Hal ini dimungkinkan karena linux bersifat Open Source, siapa saja boleh melihat source code dari linux, atau bahkan mengembangkan linux. Namun diperlukan keahlian khusus untuk memperbaiki sistem/kernel dari linux. Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai beralih menggunakan linux. Karena Mereka telah paham tentang penggunaan dan perawatan (maintenance) linux.

Application Software
Pada windows sudah sangat banyak system operasi yang kompatibel dengan system operasi yang satu ini. Tidak ada standarisasi khusus dalam penggunaan application software di dalam windows, bisa dibilang sangat mudah. Namun pada versi windows 7 ada beberapa application software yang tidak compatibel dengan windows vista. Windows 7 bisa dibilang merupakan produk gagal windows karena banyak application software yang tidak compatibel dengan windows 7. Dari keseluruhan produk-produk windows cukup banyak application software yang sudah kompatibel dengan produk-produk windows.
Sedangkan pada sitem operasi linux masih belum banyak application software
yang kompatibel dengan produk-produk dari linux. Linux harus mengembangkan application software nya sendiri agar bisa digunakan pada sistem operasi linux. Misalnya, Open Office produk office yang memang dikembangkan oleh linux untuk
kepentingannya. Namun ada beberapa application software(misalnya games windows) yang bisa di instal di linux dengan cara khusus (misal game NFS Carbon). Memang jika dibandingkan dengan windows dalam hal Application software windows bisa dibilang lebih unggul.

Security
Dilihat dari segi security sudah pasti linux lebih aman jika dibandingkan dengan
windows karena hampir tidak virus atau malware yang berkembang pada windows. Sedangkan pada windows sudah sangat banyak virus yang berkembang pada windows. Selain itu jika terdapat celah pada windows kita harus menunggu pihak microsoft mengeluarkan upgrade terbarunya untuk menutup celah tersebut. Mengapa demikian? Karena kita tidak memperoleh izin untuk melihat atau bahkan mengotak atik source code dari windows.
Ini sangat berbeda pada linux, sebagian orang yang expert dalam system operasi linux dapat menutup celah yang ada pada linux jika ada celah yang dapat ditembus. Hal ini dimungkinkan karena linux bersifat Open Source, siapa saja boleh melihat source code dari linux, atau bahkan mengembangkan linux. Namun diperlukan keahlian khusus untuk memperbaiki sistem/kernel dari linux. Sekarang ini sudah banyak orang yang mulai beralih menggunakan linux. Sudah banyak orang mampu dan memahami tentang penggunaan dan perawatan (maintenance) linux.

Security dan virus
Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering Anda temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat sekuriti lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. Sekalipun tidak sepenting di Windows, Anda tetap bisa menemukan program-program anti virus di Linux, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menu Start > Applications > FileTools > KlamAV.

Spyware
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data Anda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.
Instalasi dan Kelengkapan Program
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Anda hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll. Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Anda bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.
Konfigurasi Sistem
Anda mungkin sering mendengar di Linux Anda perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLINUX Control Center konfigurasi sistem bisa Anda lakukan semudah point dan click. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang sudah siap pakai. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu men-download dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.
Hardware Support
Anda sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.
Menangani Crash
Linux secara umum terlihat sebagai sistem operasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Windows XP – jika Anda mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik – akan cukup stabil. Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saat Anda juga akan menemui masalah di Linux. Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atau hang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta dari kehidupan di dunia komputer.
Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan di Windows dan Linux. Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasi terkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan Anda dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah.
Dan jika sistem grafis yang terkunci, Anda bisa berpindah ke command-prompt (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan membunuh proses software secara manual. Anda juga mempunyai pilihan untuk merestart desktop saja dengan menekan Ctrl+Alt+Backspace.  Ini berarti  Anda  tidak harus melakukan reboot sekalipun sistem Linux sedang mengalami masalah.
Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder /mnt merupakan tempat untuk Anda mengakses semua media yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk. Belakangan KDE telah mempermudah akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer ataupun file manager Konqueror.
Penamaan File
Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan bukannya “\” yang biasa digunakan DOS/Windows. Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file “Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Anda mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.

Kemudahan dan Keamanan
Anda mungkin sudah mengetahui, bahwa sebagai user biasa (bukan Root) Anda tidak bisa menulis file di sembarang folder. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, Anda tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang mempunyai akses Root saja yang bisa menyentuh sistem. Bahkan viruspun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya Anda tidak banyak mendengar adanya virus di Linux.
Defragment
Di Linux Anda tidak akan menemukan program untuk men-defrag harddisk. Anda tidak perlu melakukan defragment di harddisk Linux! Sistem file Linux yang menangani ini secara otomatis. Namun jika harddisk Anda sudah terisi sampai 99% Anda akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Anda tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi. Berbeda dengan windows, setipa partisi pada windows perlu adanya defragment agar hardisk tetap sehat dan dapat digunakan.
Sistem File
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Anda bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux.
Seperti halnya Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu tehnik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar





KELEBIHAN DAN KEKURANGAN WINDOWS-LINUX
linux
Kelebihan linux
1. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2. Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan system operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3. Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Source as Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
4. Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti
dan menyebar ke user yang lain. Pada Windows, hal ini tidaklah terjadi. Sehingga bila dilihat dari sisi maintenance / perawatan data maupun perangkat keras-pun akan lebih efisien
5. Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini. Jarang ditemui, komputer yang tiba-tiba hang dan harus menekan tombol Ctrl- Alt-Del atau Restart untuk mengakhiri kejadian tersebut. Sehingga, tidaklah mengherankan bila Linux mempunyai pangsa pasar server dunia yang cukup besar. Dari hasil riset IDC, pangsa pasar server dunia yang menggunakan Linux pada tahun 2008 akan mencapai 25,7 % (dapat dibaca di eweek.com).
6. Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux. Komputer-komputer yang lama ini tidak perlu dibuang dan masih dapat digunakan untuk keperluan tertentu dengan menggunakan Linux


Kekurangan Linux
1. Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2. Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
3. Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
4. Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

Windows
a) Kelebihan :
- user friendly, ini disebabkan windows memang didesain agar user mudah untuk mengoperasi kan windows.
- Aplikasi dan software banyak dipasaran,banyak software software yang kompatibel dengan windows
- Lebih mudah mencari teknisi jika terjadi crash, karena banyak teknisi yang mengerti sistem opersi windows
b) Kekurangan :
- biaya lisensi yang cukup mahal, Windows XP berharga sekitar US$300.
- Tingkat keamanan yang kurang karena banyak karena jumlah virus yang dapat merusak windows sangat banyak.
- Jika ada celah dalam windows, konsumen hanya bisa menunggu pihak dari microsoft menutup celah tersebut, hal disebabkan karena windows bersifat closed source.
- Perkembangan lambat, karena rilisnya produk baru tergantung dari pihak microsoft.
DAFTAR PUSTAKA
ramadint.wordpress.com/2008/04/03/dasar-linux/
debid.vlsm.org/share/ServerLinux/node37.html
slackware.linux.or.id/slackbook/system-configuration.html
purwakarta.org/flash/sudo.pdf
onno.vlsm.org/v10/onno-ind-2/application/linux/teknik-instalasi-linuxdebid.
Wikipedia.com/windows7.html
vlsm.org/share/ServerLinux/node18.html

0 comments:

Archives