tugas matakuliah ARSIKOM (arsitektur dan organisasi komputer) : perbandingan DVD dengan perangkat penyimpanan sejenis

Saturday, May 12, 2012 ·


       I.            PERBANDINGAN  DENGAN SEJENISNYA
Adapun keunggulan DVD dibandingkan dengan VCD, antara lain :
o    Kapasitas simpan yang jauh lebih besar dibandingkan VCD, mulai kapasitas 4,7 GB (single layer, single sided) sampai 18 GB (double layer, double sided) memungkinkan film sepanjang 2 jam tertampung dalam satu keping DVD, lengkap dengan trek audio Dolby Surround dan DTS 5.1 dan ekstra bonus (trailer, subtitel, multiangle, dll)
o    Kualitas gambar yang jauh lebih baik (720 x 480) dibandingkan VCD (352 x 240), dengan kualitas audio Dolby Surround ProLogic dan DTS 5.1 yang dijamin menggelegar.
o    Fasilitas tambahan (lihat no.1) seperti subtitel/multilingual, multiangle (sudut pandang berbeda adegan film), ekstra trailer, wawancara, behind the scene, soundtrack clip, galeri foto, dll).
o    Kemampuan resume, sehingga apabila kita belum selesai menyaksikan satu judul film, kita dapat meneruskannya pada kesempatan lain tepat di mana kita meninggalkannya.
Jenis perbedaan
DVD
CD
1.Kecepatan transfer data

2.Panjang Gelombang Sinar  Laser Merah

3. Diafragma


4.Daya Tahan








5. Kapasitas
















6.Biaya Produksi




Tranfer data pada DVD driver sekitar 1,4MB/det.
Panjang gelombang 650 nm.


Diafragma DVD nilainya 0,6.


Daya tahan DVD lebih baik dari CD karena lapisan dat DVD ada di tengah-tengah keeping,sehingga data lebih terlindungi.




Kapasitas DVD lebih besar dibandingkan  CD Hal ini dipengaruhi oleh pengaruh Numeric aperture dan panjang gelombang.Keduanya mempengaruhi kepadatan/kerapatan data dan besar kecilnya lubang yang bisa dibentuk.semakin kecil lubang yang dibentuk semakin besar kapasitas data yang ditampung. 4,7 GB (satu sisi, single-layer - umum); 8,5-8,7 GB (satu sisi, double-layer); 9,4 GB (double-sided, single-layer); 17,08 GB (double-sided, double layer
DVD lebih mahal disbanding CD. Ini disebabkan Karena lapisan data DVD berada ditengah,perlu 2 kali pelapisan plastic untuk membuat keeping DVD
CD biasanya hanya 150 KB/det.
Panjang gelombang 780nm.

Diafragma CD nilainya 0,45.

Daya tahan CD kalah dibandingkan dengan DVD karena data CD hanya dilapisi oleh lapisan label,bila lapisan label tergores maka bagian yang tergores itu tidak dapat terbaca .

Kapasitas CD lebih kecil dibandingkan DVD. Hanya 780 MB














CD lebih murah dibanding DVD. pembuatan keping CD ,itu jauh lebih sederhana dibandingkan dengan pembuatan DVD

0 comments:

Archives